Benteng Moraya merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Sulawesi Utara yang berkisah tentang sejarah peperangan yang terjadi di Tondano. Tempat ini bisa ditempuh dengan jarak kira-kira 41 km atau selama 90menit dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, berlokasi di Roong, Tondano Barat, Sulawesi Utara.
Wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang indah nan klasik dari menara 4 lantai, 12 buah tonggak-tonggak besar dengan relief  bergambar sejarah perang, tiang balok kayu hasil penggalian dilokasi, waruga-waruga, dll.


Ada 4 perang besar yang terjadi di Tondano pada sekitar abad 16 dan 19 antara orang Tondano (lebih tepat disebut Minahasa) dengan musuh bebuyutan yang tak lain adalah Belanda, tepatnya Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC).
Kata "Moraya" berarti di seluruh kawasan Tondano (pada perang 5 Agustus 1809) telah digenangi darah dan bau anyir dari para korban perang. 


Tempat ini sangat bangus dan recommended bagi kalian yang suka berwisata sambil belajar atau yang punya planning buat liburan ke Manado tempat ini sangat wajib dikujungi apalagi lokasinya juga merupakan tempat yang sejuk dan masih terdapat beberapa objek wisata lain yang tak kalah menarik yang berada disekitar lokasi Benteng Moraya.

Sekian tentang Benteng Moraya, semoga bisa bermanfaat dan menarik hati para pembaca ^^

Leave a Reply