Pulau Baling-Baling merupakan sebuah pulau di desa Tumbak, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, yang biasa disebut oleh masyarakat setempat adalah Bunaken kedua Sulawesi Utara. Disebut seperti itu karena memang benar tempat ini mirip dengan wisata Taman Laut Bunaken yang ada di Manado namun hanya saja tempat ini belum se-famous Bunaken.


Terdapat sebuah menara baling-baling dipulau ini sehingga disebut sebagai Pulau Baling-Baling. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang suka diving/snorkeling karena kalian bisa menikmati hutan kipas laut yang beragam jenis seluas 300 meter pada kedalaman 3-6 meter. Namun, bagi kalian yang tidak mahir dalam kedua hal di atas jangan khawatir, karena ada pemandu berkompeten yang akan menjamin keselamatan anda selama berada di pulau ini.


Untuk bisa sampai ke tempat ini dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam dari kota Manado dan setelah sampai didesa Tumbak, kalian harus menaiki sebuah perahu untuk bisa ke Pulau ini.
Oh yah, Pulau ini juga pernah dikunjungi acara travelling ditelevisi yang sangat terkenal di Indonesia yaitu oleh Trans Media dalam acara My Trip My Adventure yang sontak membuat Pulau ini di kenal dan banyak dikunjungi para wisatawan.
Berikut ini foto-foto dari Pulau Baling-Baling :





Sekian dulu mengenai Pulau Baling-Baling, semoga bermanfaat ^^  

Leave a Reply